Sabtu, 12 Juli 2014

kolaka 7

PROMO BULAN MEI 2014

hampir-semua-parpol-melanggar-aturan-kampanye 20130914153345KENDARI, SULTRA ONLINE

Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013 tentang tata cara pemasangan alat peraga kampanye yang digelar KPU Kota Kendari, Kamis (26/9) membuat bingung beberapa Partai Politik (Parpol). Bagaimana tidak, aturan perubahan dari PKPU Nomor 1 Tahun 2013 itu, tidak menerangkan dengan jelas sanksi bagi peserta Pemilu yang melanggar aturan kampanye.

Dalam forum koordinasi antara Pemerintah Kota Kendari, KPU, Panwaslu dan Parpol, kebanyakan peserta Pemilu ini lebih mempertanyakan pembatasan alat peraga dan penempatannya. Mereka menilai, pembatasan alat peraga bagi Caleg bisa merugikan kader untuk melakukan sosialisasi.

"Dalam aturan ini sudah jelas, kalau pemasangan alat peraga harus jauh dari tempat yang dilarang. Namun kenyataannya, kebanyakan lapangan sebagai tempat pemasangan alat peraga berdekatan dengan kantor pemerintahan," kata Sekretaris PAN Kota kendari, Lukman Mbuko, Kamis (26/9) saat Rakor.

Menanggapi hal itu, ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu membenarkan sikap mereka. Namun menurut dia, penempatan alat peraga sudah menjadi kesepakatan bersama dengan pemkot. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Kendari Nomot 836 Tahun 2013 tentang lokasi kampanye Pemilu.

"SK walikota menjadi rujukan kami untuk membuat SK Nomor 42/kpts/KPU-Kendari/026.433608/IX/2013 tentang penertiban alat peraga. Olehnya kami hanya menjalankan aturan yang sudah disepakati bersama," jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, kata Hayani, KPU akan melayangkan surat ke parpol agar bisa menurunkan sendiri alat peraga yang dianggap telah melanggar aturan. Jika aturan tersebut tidak diindahkan, maka KPU akan menyurat Panwaslu untuk menegur parpol yang tidak mengindahkan hal tersebut.

"Jika Panwaslu juga tidak diikuti, maka lembaga pengawas tersebut merekomendasikan kepada pemkot untuk langsung menurunkan alat peraga yang melanggar," katanya.

Untuk diketahui, sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2013, jalan protokol, sekolah, rumah ibadah, gedung pemerintahan, pohon dan taman sudah harus terbebas dari pemasangan alat peraga pada 27 September 2013 (hari ini, red). Namun kenyataannya, hingga kemarin sore masih banyak baliho para caleg yang masih terpajang dibeberapa sudut kota. (r1/wan)

SUNACHI 30

4

Latest Tweets

SultraOnline Barisan Laskar HT Berjuang Menangkan Prabowo-Hatta di Sultra http://t.co/Rwg7ZyaLiz via @sultraonline
SultraOnline Surety Bond Jamkrindo Mitra Terpercaya Bagi Para Kontraktor http://t.co/cHGrL2fxhj

Facebook Fans