Minggu, 20 April 2014

kolaka 7

Iklan zenit terbaru2

kertas-suara130217aKENDARI, SULTRA ONLINE

Berbeda dengan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2009 lalu, di Pemilu 2014 yang tahapannya kini telah berjalan, seluruh pengadaan kertas suara akan dicetak sendiri oleh KPU RI. Hal itu mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 16 Tahun 2013 tentang pengadaan logistik Pemilu yang mana seluruh pengadaan menyangkut kertas suara dan kotak suara sudah merupakan wewenang KPU RI.

"Seluruh logistik tersebut dicetak di pusat sesuai Daerah Pemilihan (Dapil). Sesuai tahapan, seluruh kertas suara ini, percetakannya sampai akhir 2013, sehingga pada 2014 nanti dapat langsung disebar di seluruh KPU kabupaten/kota di Indonesia. Hal itu dilakukan agar dalam pendistribusiannya tepat waktu dan tepat sasaran," kata Ketua KPU Sultra, Hidayatullah ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/9).

Kata dia, untuk calon DPD hanya berisikan nama dan foto terbaru. Sementara bagi calon DPRD hanya memuat, nama, nomor urut partai, nomor urut calon dan gambar partai. Pada percetakan itu, kertas suara akan disesuaikan dengan kuota calon per Dapilnya.

"Bentuk kertas untuk calon anggota DPD dan DPR sama yakni berbentuk empat persegi panjang vertikal," jelasnya.

Terkait adanya calon DPD yang memuat nomor urutnya dalam pemasangan alat kampanyenya, ia mengaku tidak ada aturan yang mengikat. Seperti halnya juga calon DPRD, saat ini banyak terlihat pada setiap banner, baliho dan semacam alat peraga lainnya, sudah melampirkan fotonya.

"Dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2013 maupun Undang-undang Nomor 8 Tahun 2013 terkait logistik, tidak mengatur tentang itu dalam kampanye. Akan tetapi, aturan tersebut hanya menyakut tentang isi kertas suara yang mesti dicetak nantinya," tandas mantan Ketua KPU Kota Kendari. (r1/wan)

clarion

pak jaff jb

Latest Tweets

SultraOnline Sambut HUT Sultra Emas Dari Dasar Laut Labengki http://t.co/7HwE9NXkLD
SultraOnline Pemda Konut Pusing Tagih Tunggakan SPK Rp 40 M http://t.co/eg2v93jAC0

Facebook Fans