Jumat, 18 April 2014

kolaka 7

Iklan zenit terbaru2

3psb-online-2012KENDARI, SULTRA ONLINE

Penerimaan Siswa Baru (PSB) bagi SMAN dan sederajat di Kota Kendari bakal dilakukan secara online yakni melalui website resmi sekolah masing-masing. Hal itu disampaikan Kabid Dikmen Kota Kendari Muhidin, Selasa (28/5).

Menurutnya, penerapan aturan itu berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melalui surat edarannya ke daerah-daerah di Indonesia, sehinga bisa dipastikan PSB tahun ini tidak lagi dilakukan secara manual namun online.

"Supaya pendataan siswa baru tersebut tertata dengan baik dan penerimaan sebentar nanti itu transparan, bila dibandingkan dengan sebelumnya," ungkapnya.

Penerapan baru itu dimaksudkan untuk menghindari berbagai kecurangan yang kerap dilakukan oknum tak bertanggung jawab ditiap sekolah. Dilain sisi, cara itu juga merupakan langkah efisiensi guna mempermudah siswa untuk mendaftar.

"Mereka bisa mengakses secara online untuk mendaftar. Artinya secara efisiensi bahwa siswa yang ada diluar daerah Sultra ingin sekolah di Kendari, maka mereka tidak datang di Kendari dimana sekolah yang mereka tujui," jelasnya.

Pemberlakukan PSB secara online ini hanya diberlakukan sekolah yang ada di Kota Kendari. Selain dari itu penerimaan secara online ini tidak hanya diberuntukan pada sekolah negeri akan tetapi untuk sekolah swasta pun menggunakan cara tersebut.

"Perlahan-lahan kita lakukan pendaftaran secara online mulai penerimaan siswa baru. Tahun ini untuk tingkat SMA sederajat. Bila berhasil, tentu tahun depan akan kami terapkan bagi penerimaan siswa baru tingkat SMP," paparnya seraya meminta para siswa untuk mempermahir penggunaan IT.

"Sebetar nanti siswa dalam pengisian data harus sesuai dengan data sebenarnya. Apabila ada pemalsuan data ditemukan pada saat vertifikasi, maka siswa sendiri yang menanggung resikonya," pungkasnya. (m6/wan)

clarion

pak jaff jb

Latest Tweets

Facebook Fans