Kamis, 24 April 2014

kolaka 7

Iklan zenit terbaru2

175572 620KOLAKA, SULTRA ONLINE

Jika tak ada aral melintang, Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kolaka akan diumumkan awal September nanti. Diperkirakan jumlah wajib pilih dalam DPT akan meningkat dari Data Pemilih Sementara (DPS). Berdasarkan DPS yang kini sedang dirampungkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), tercatat sebanyak 210.819 pemilih.

“Biasanya jumlah pemilih dalam DPS kecenderungannya meningkat. Tapi, berapa besarannya belum bisa diketahui,” kata Komisioner KPUD Kolaka, Nurcaya Rappe ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/8).

Disebutkan Nurcaya, sebelum DPT diumumkan paling lambat 5 September 2013, PPS terlebih dahulu menetapkan DPS hasil perbaikan disetiap wilayah kerja masing-masing kemudian menyerahkan kepada KPUD.

“PPS diberi waktu untuk menyetor DPS hasil perbaikan ke KPU mulai tanggal 29-31 Agustus ini. Setelah itu, pihak KPU akan melakukan rekapan hingga DPT diumumkan 5 Agustus,” terang Nurcaya.

Sementara itu, menanggapi alokasi tambahan anggaran Pilkada Kolaka yang kini belum disetujui oleh DPRD Kolaka, Nurcaya mengatakan, sejauh ini pihaknya akan tetap melanjutkan proses tahapan Pilkada sesuai jadwal dan jumlah anggaran yang ditetapkan sebesar Rp 12,5 miliar.

Hanya saja, kata Nurcaya, keikutsertaan Koltim dalam Pilkada Kolaka sesuai Surat Edaran KPU 162 memberikan konsekwensi penambahan anggaran.

"Karena belum ada penambahan anggaran, implikasinya honor PKK dan PPS khusus di Koltim sudah empat bulan belum dibayarkan," ujarnya lagi.

"Pembayaran honor itu hanya persoalan waktu saja. Kalau pekan ini penambahan anggaran disetujui pihak DPRD, pekan ini juga langsung dibayarkan," tandas wanita berjilbab itu.

Kendati demikian, penambahan anggaran yang diusulkan KPUD Kolaka sebesar Rp 9 miliar, hingga kini DPRD Kolaka belum menyetujui sebelum mendapatkan penjelasan hukum dari BPK.

Untuk diketahui Pilkada Kolaka, KPUD telah menetapkan sebanyak 793 TPS dari 20 kecamatan yang ada. Jumlah PPK sebanyak 100 orang dan PPS 793 orang. (din/wan)

CLARION TEMPOE DOELOE

pak jaff jb

Latest Tweets

SultraOnline Halo Sultra Dibuka, Nur Alam Terbang Ke Jakarta http://t.co/agyOOoipa2
SultraOnline Halo Sultra Dibuka, Nur Alam Terbang Ke Jakarta http://t.co/2g2ucxisYc via @sultraonline

Facebook Fans